Tuesday, July 31, 2018

Menentukan option yang tepat , Menabung di Bank atau Reksa Dana?


Saat ini, di usia saya yang sudah tidak muda lagi. dimana saya kerja keras banting tulan berangkat pagi pulang malam masih juga saya nanya sama diri saya sendiri " Kenapa duit saya gak nambah-nambah ?" atau " kapan ya kira-kira saya bisa dapat rejeki turun dari langit , saya butuh duit nih" kalau kata beberapa orang sih yang suka menasehati orang lain tapi belum tentu bisa nasehatin dirinya sendiri pasti ngomongnya gini " Nabung dong biar kaya , sisihin kek seratus ribu perbulan" dalam hati saya " seratus ribu sebulan mah saya dapat apa ?!" iya bener sih kalkulasinya kalau hitungnya tahunan emang banyak itupun kalau gak kepakai loh yaa.







Atau ada juga orang yang punya prinsip hidup gini" Sekarang ya sekarang , besok ya dipikir nanti lah" saya paling gemes sih kalau ada yang kayak gini. karena menurut saya dia tidak memikirkan jangka panjang kedepannya.


Selama ini saya selalu beranggapan bahwa menabung di Bank adalah option yang paling tepat. namun bagi kebanyakan orang mereka lupa akan adanya INFLASI

Apa sih Inflasi ini? 
Inflasi adalah suatu proses dimana harga-harga secara umum akan terus meningkat mengikuti mekanisme pasar yang disebabkan oleh berbagai faktor , salah satunya adalah konsumsi masyarakat yang meningkat. 

contoh gampangnya inflasi , dulu kalau saya beli kerupuk harganya 100 rupiah bisa dapat 3 , sekarang kerupuk per 1 bijinya 600 rupiah. atau bakso yang dulu kita besi beli cuma dengan 2000 rupiah saja , sekarang seporsi paling murah udah 8000.


Menurut Bp. Legowo selaku Presiden Direktur dari PT Manulife Asset Management mengatakan " Sesungguhnya menabung di Bank itu seperti digerogoti maling yang tak tampak" yang artinya jika tabunganmu tidak terlalu banyak , maka uang tabunganmu justru habis untuk biaya admin  perbulannya.

Apa yang ada dalam pemikiran kita jika mendengar kata Investasi, kalau kata saya sih Mahal , harus keluar duit yang banyak udah lagi setiap bulan kita harus setor ntar gak bisa belanja karena mikir setoran melulu. padahal seharusnya kita investasi yang teratur dulu baru sisanya buat belanja.

Apa bedanya Investasi dan Asuransi ?!
BEDA !!!


Reksa Dana Manulife dikelola oleh PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), yang telah hadir di Indonesia sejak tahun1996.

Sejak awal hadir, MAMI telah mendampingi masyarakat Indonesia, baik individu maupun korporasi,  melalui beragam solusi investasi berkualitas, termasuk Reksa Dana.


kredibilitasnya tidak perlu diragukan karena sudah terdaftar didalam Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) sepenuhnya.


Per September 2017, MAMI mengelola dana masyarakat sejumlah Rp60 triliun.

Atas prestasinya itu, berbagai penghargaan telah diterima oleh MAMI, baik dari dalam negeri maupun yang berskala internasional, antara lain Top Investment House in Asian Local Currency Bonds di tahun 2015, 2016, dan 2017 dari The Asset Benchmark ResearchBest Fund House di tahun 2015 dan 2016 dari Asia Asset Management


Acara Kopdar Investarian MAMI  yang bertajuk Kopdar #InvestarianSUB1 ini mengedukasi beberapa teman blogger yang hadir supaya lebih bijak dalam mengelola keuangan melalui Reksa Dana dengan harapan ketika menghadapi masa tua kita masih bisa Happy.




Pak Legowo juga  menjelaskan, untuk berinvestasi, kita bisa memilih banyak jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan kita, seperti :
  1. Tabungan bank, dengan dana, waktu pengelolaan dan pengetahuan yang minim, mudah dicairkan jika dibutuhkan namun punya kekurangan tidak bisa mengalahkan inflasi 
  2. Emas, dengan dana, waktu pengelolaan dan pengetahuan yang sedang, mudah dicairkan namun juga punya kekurangan tidak bisa mengalahkan inflasi.
  3. Properti, dengan dana besar, waktu pegelolaan sedang dan pengetahuan minim, bisa mengalahkan inflasi namun sulit dicairkan (jika tidak pandai menjual).
  4. Pasar modal (saham dan obligasi), dengan dana sedang, waktu pengelolaan dan pengetahuan yang besar, bisa mengalahkan inflasi dan mudah dicairkan.
  5. Reksa Dana, yang bisa kita lakukan dengan dana, waktu pengelolaan dan pengetahuan minim, namun hasilnya bisa mengalahkan inflasi dan mudah dicairkan.

Karena investasi apapun juga membutuhkan :

  • Uang atau modal yang bakal diinvestasikan, setidaknya sejumlah minimun dari setiap instrumen investasi.
  • Pengetahuan, karena dalam berinvestasi kita butuh memutuskan, kapan kita beli investasi, kapan kita jual.
  • Waktu, untuk memonitor setiap instrumen yang kita miliki.

Kelebihan investasi Reksa Dana Manulife, yaitu :
  1. Semua transaksi dengan investor dan calon investor didasarkan pada edukasi , tidak ada paksaan dan murni kesadaran pribadi.
  2. Hemat biaya, reksa dana Manulife tidak membebankan biaya pembelian, maka 100% dana investor menjadi dana investasinya, tanpa ada potongan.
  3. Online. Semua transaksi investor seperti jual, beli atau alihkan serta memonitor pertumbuhan investasinya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui website Klikmami.com
  4. Layanan Investasi MAMI ( LANI)  yang siap membantu masalah kita setiap hari pukul 08.00 -  22.00 WIB, melalui telepon, email bahkan live chat.
Reksa Dana memiliki jenis investasi Low Risk Low Return yaitu Reksa Dana pasar uang yang terdiri dari Deposito , saham maupun obligasi.



Kelebihan Reksa Dana Pasar Uang adalah :
  • Stabil, sehingga gak bikin deg-degan orang yang ingin jadi investor pemula kayak saya.
  • Tolok ukurnya adalah deposito 1 bulan (netto setelah pajak).
  • Bisa dibeli dan dicairkan kapan saja.
  • Investasi minimal sangat terjangkau yaitu mulai 10 ribu saja.


Cara berinvestasi di Reksa Dana Pasar Uang adalah :

  1. Melakukan pembelian (Subscription) unit Reksa Dana.
  2. Investasi akan berkembang dan pastinya akan melewati naik turun harga unit reksa dana.
  3. Unit Reksa Dana dapat ditukar (Pengalihan/Switching) dengan unit lainnya.
  4. Redemption dapat dilakukan kapanpun, jika dirasa nilai investasi telah berkembang cukup banyak, kita  bisa mencairkan unit reksa dana dan menikmati hasilnya.
  5. Ke semua proses transaksi di atas, bisa dilakukan melalui online di klikmami.com.

Reksa Dana di Manulife dapat dilakukan secara online , Jadi untuk kalian yang ingin memulai berinvestasi , kalian bisa klik disini 




See ya~

NESSYA

2 comments:

  1. Keren deh investasi Reksa Dana Manulife, semuanya bisa melalui online saja :)

    ReplyDelete
  2. kalo berpikir soal inflasi, kayaknya lebih baik investasi ya mbak ketimbang nabung

    ReplyDelete

Hello dear, tinggalkan komentar kalian dengan sopan disini ya .i will love to read and answer all of your comment. Thank you xoxo